Sejarah Stadion Pakansari, Markas PS Tira Persikabo Sering Jadi Venue Laga Internasional

Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor memiliki kapasitas 30.000 kursi terbagi dalam 4 zona.

Editor: Widi
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Stadion Pakansari berlokasi di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGORWIKI.COM -- Stadion Pakansari adalah sebuah stadion sepakbola yang berada di wilayah Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Indonesia.

Stadion ini bertaraf internasional dan saat ini digunakan sebagai markas tim PS Tira Persikabo diajang Liga 1.

  • Awal pembangunan

Setelah Pemerintah Kabupaten Bogor pindah pada tahun 1990 ke area Cibinong dari pusat pemerintahan Kota Bogor, ditahun itu pergerakan pembangunan, semua sektor pembangunan instansi mulai gencar dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bogor termasuk area Pakansari.

Di tahun 1999, karena Kabupaten Bogor ditunjuk menjadi tuan rumah Porda ke VI, peletakan batu pertama pun dilakukan pada tahun 1996 oleh Gubernur Nuryana. Dua tahun perjalanan dan pembangunan Stadion Pakansari ada krisis moneter. Disitulah tertunda karena adanya krisis moneter yang terjadi di Indonesia dan dunia.

Dilanjutkan lagi pembangunan Stadion Pakansari setelah 20 tahun terbengkalai oleh Bupati Bogor yakni Rahmat Yasin dibangunnya kembali pada tahun 2012.

PS Tira Persikabo vs Timnas U-19 di Stadion Pakansari, Sabtu (12/10/2019).
PS Tira Persikabo vs Timnas U-19 di Stadion Pakansari, Sabtu (12/10/2019). (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Tahap bertahap pembangunan itu rampung di tahun 2016 dan di 2016 itu awal Pakansari digunakan kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat dan Piala AFF 2016.

Setelah jadi itu Stadion Pakansari diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat pada saat itu Ahmad Heryawan.

Pemerintah Kabupaten Bogor membangun wilayah Pakansari tidak hanya untuk sepakbola. Semua kawasan Pakansari dipakai untuk olahraga baik ada stadion outdoor dan indoor oleh Pemkab Bogor. Disitu ada Laga Tangkas dan Laga Satria serta rencana ke depan akan dibikin Aquatik, veldroom dan tennis lapangan indoor maupun outdoor dan beberapa cabang olahraga lainnya seperti lintasan atletik, panahan dan wall clambing.

  • Kapasitas

Kapasitas penonton yang terdapat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor hakni 30.000 kursi. Terbagi dalam 4 zona. Zona tribun timur 10.000 penonton, tribun utara 5.000 penonton, tribun selatan 5.000 penonton dan tribun barat ada 10.000 dikurang VVIP 880 penonton.

  • Fasilitas

Stadion Pakansari memiliki luas 30 hektare dan memiliki fasilitas lengkap yang terbagi dari ruang medis, ruang media, sekretariat, ruang kesehatan, ruang ganti pemain, ruang wasit, ruang match commisioner.

Adapaun total toilet yang tersedia di Stadion Pakansari berjumlah 48 toilet. Lantai bawah 24 toilet yang disediakan untuk pria dan wanita. Serta 24 toilet di lantai atas diperuntukan kepada pria dan wanita.

Stadion Pakansari Bogor
Stadion Pakansari Bogor (TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika)

Untuk pintu masuk, Stadion Pakansari memiliki 11 pintu masuk gerbang utama. Sementara untuk pintu masuk ke tribun, Stadion Pakansari terdapat 12 pintu masuk.

  • Jenis rumput

Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor memiliki rumput dengan jenis rumput bernama Zoysia Matrella tipe 2.

Stadion Pakansari Bogor
Stadion Pakansari Bogor (TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika)
  • Markas

Saat ini Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor digunakan sebagai markas tim PS Tira Persikabo dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2019.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor: Bambang Setiawan SH

Kepala UPT Pengelola Sarana dan Prasarana: Herdi Sukriadi SH

Kasubag TU UPT Pengelola Sarana dan Prasarana Olahraga: H Heri Sobirin Spd MM

Sekretaris, subbag program dan pelaporan, subbag umum dan kepegawaian, subbag keuangan, bidang layanan kepemudaan, bidang pembudayaan olahraga, bidang peningkatan prestasi olahraga, seksi pemberdayaan pemuda, seksi olahraga pendidikan dan sentra olahraga, seksi pembibitan IPTEK dan tenaga keolahragaan, seksi pembangunan pemuda, seksi olahraga rekreasi tradisional dan layanan khusus, seksi promosi olahraga dan olahraga prestasi, seksi infrastruktur dan kemitraan pemuda, seksi kemitraan dan penghargaan olahraga, seksi standarisasi dan infrastruktur olahraga, UPT sarana dan prasarana olahraga, UPT pusat pendidikan olahraga pelajar.

  • Sumber

UPT Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor

Narasumber UPT Stadion Pakansari: Yadi

(Yudistira Wanne/TribunnewsBogor.com)

Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR
23 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved